Home » , , » Al-Qur'an Kitab Hidayah

Al-Qur'an Kitab Hidayah


oleh:
Ustadz Sofwan Abbas, MA
Dosen Mahad Aly An-Nuaimy



Download File
AL-QUR’AN KITAB HIDAYAH

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ [البقرة: 185]
Terjemah Ma’ani
“Bulan Ramadan, yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai hidayah bagi manusia (berupa sisi kemukjizatannya),  dan sebagai ayat-ayat yang jelas, yang memberi petunjuk kebenaran, dan membedakan (antara yang hak dan yang batil).” [Al-Baqarah: 185].
Tafsir dan Pelajaran yang Dipetik
1.      Iman adalah jalan keluar umat Islam dari kondisi yang tidak menggembirakan
a.      Umat Islam adalah penyelamat bagi seluruh manusia. (وَجَاهِدُوا فِي اللهِ حَقَّ جِهَادِهِ هُوَ اجْتَبَاكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ مِّلَّةَ أَبِيكُمْ إِبْرَاهِيمَ هُوَ سَمَّاكُمُ الْمُسْلِمِينَ مِن قَبْلُ وَفِي هَذَا لِيَكُونَ الرَّسُولُ شَهِيدًا عَلَيْكُمْ وَتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ) [Al-Hajj: 78].
b.      Iman akan mengembalikan kejayaan. (وَأَنْتُمُ الأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُم مُّؤْمِنِينَ) [Ali Imran: 139].
2.      Al-Qur’an Sumber Iman
a.      Al-Qur’an diturunkan untuk memberi manusia hidayah, sehingga mengetahui jalan menuju surga. (يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَكُمْ بُرْهَانٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكُمْ نُورًا مُبِينًا. فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَاعْتَصَمُوا بِهِ فَسَيُدْخِلُهُمْ فِي رَحْمَةٍ مِنْهُ وَفَضْلٍ وَيَهْدِيهِمْ إِلَيْهِ صِرَاطًا مُسْتَقِيمًا) [An-Nisa’: 174-175].
b.      Al-Qur’an adalah tali keselamatan . ((أبشروا، فإن هذا القرآن طرفه بيد الله، وطرفهُ بأيديكم، فتمسكوا به، فإنكم لن تهلكوا، ولن تضلوا بعده أبدًا)) [HR. Thabrani].
c.       Al-Qur’an adalah ruh bagi hati manusia. (وَكَذَلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ رُوحًا مِّنْ أَمْرِنَا) [Asy-Syura: 52].
d.      Muhammad Iqbal: “Al-Qur’an bukan sekadar kitab. Jika Al-Qur’an masuk ke dalam hati manusia, manusia itu akan berubah. Jika manusia berubah, dunia pun akan berubah.”
e.      Ibnul Qayyim: “Kebutuhan hati kepada Al-Qur’an melebihi kebutuhan badan kepada makanan dan obat-obatan.”
3.      Pengaruh Al-Qur’an
a.      Gunung tunduk. (لَوْ أَنْزَلْنَا هَذَا الْقُرْآنَ عَلَى جَبَلٍ لَّرَأَيْتَهُ خَاشِعًا مُّتَصَدِّعًا مِّنْ خَشْيَةِ اللهِ) [Al-Hasyr: 21].
b.      Hati bergetar. (اللهُ نَزَّلَ أَحْسَنَ الْحَدِيثِ كِتَابًا مُّتَشَابِهًا مَّثَانِيَ تَقْشَعِرُّ مِنْهُ جُلُودُ الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ ثُمَّ تَلِينُ جُلُودُهُمْ وَقُلُوبُهُمْ إِلَى ذِكْرِ اللهِ) [Az-Zumar: 23].
c.       Musyrikin Mekah pun terpengaruh ketika mendengarnya.
d.      Perubahan revolusioner orang Arab; penggembala menjadi pemimpin dunia.
4.      Bagaimana Al-Qur’an bagi Umat Islam?
a.      Umat Islam menjadikannya sebagai sesuatu yang ditinggalkan
                                      i.      Rasulullah saw. mengadu. (وَقَالَ الرَّسُولُ يَا رَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَذَا الْقُرْآنَ مَهْجُورًا) [Al-Furqan: 30].
                                    ii.      Abdullah bin Umar: “Kami (para sahabat) beriman dulu baru membaca Al-Qur’an, sehingga mengetahui dan mengamalkan isinya. Banyak orang membaca dulu baru beriman, sehingga tidak tahu dan tidak mengamalkan isinya.”
                                  iii.      Imam Bukhari: “Orang yang akan merasakan Al-Qur’an hanyalah yang mengimaninya.”
                                   iv.      Al-Qur’an itu bagaikan matahari, hanya akan memberikan sinar dan kehidupan bagi yang mau mengambilnya.
b.         Meneladani Rasulullah saw.
                                      i.      Jiwa raga beliau terpengaruh Al-Qur’an. ((شيبتني هود وأخواتها قبل المشيب)) [Hadits Shahih, riwayat mardaweih].
                                    ii.      Sifat beliau pun terpengaruh. ((كان النبي صلى الله عليه وسلم أجود الناس بالخير، وأجود ما يكون في شهر رمضان، لأن جبريل كان يلقاه في كل ليلة في شهر رمضان حتى ينسلخ)) [HR. Bukhari].
                                  iii.      Satu ayat pun sangat penting. ((بلِّغوا عني ولو آية)) [HR. Thabrani].
c.       Meneladani Para Sahabat
                                      i.      Asma’ binti Abi Bakar ra.: “Kalau sahabat mendengar Al-Qur’an, mereka bergetar dan meneteskan air mata.”
                                    ii.      Umar bin Khattab ra. membaca satu ayat langsung tersengal, dan dikira sakit.
                                  iii.      ‘Abbad bin Bisyr ra. terkena anak panah ketika membaca Al-Qur’an dalam shalat. Tapi beliau tidak mengakhiri shalatnya karena belum sampai akhir surat.
                                   iv.      Abu Bakar ra. memaafkan Misthah yang menyebarkan isu tentang Ibunda Aisyah ra. setelah turun ayat (وَلاَ يَأْتَلِ أُولُو الْفَضْلِ مِنكُمْ وَالسَّعَةِ أَن يُؤْتُوا أُولِي الْقُرْبَى وَالْمَسَاكِينَ وَالْمُهَاجِرِينَ فِي سَبِيلِ اللهِ وَلْيَعْفُوا وَلْيَصْفَحُوا أَلاَ تُحِبُّونَ أَن يَّغْفِرَ اللهُ لَكُمْ وَاللهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ) [An-Nur: 22].
                                     v.      Abu Dahdah ra. menginfakkan kebunnya setelah turun ayat (مَن ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً وَاللهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ) [Al-Baqarah: 245].
5.      Bagaimana dengan Kita?
a.      Bahasa bukan kendala.
                                                  i.      Non Arab bisa merasakan manisnya Al-Qur’an, Ali An-Nadawi (India), Muhammad Iqbal (Pakistan), Sa’di Nursi (Turki).
                                                ii.      Banyak non Muslim masuk Islam hanya dengan membaca Terjamah Ma’ani Al-Qur’an.
b.      Kita mewarisi persepsi yang salah tentang Al-Qur’an:
                                                  i.      Al-Qur’an yang tergeletak.
                                                ii.      Al-Qur’an yang dibunyikan di radio, tape, televisi, tapi tidak didengarkan.
                                              iii.      Majelis Al-Qur’an yang tidak khusyu’.
                                               iv.      Al-Qur’an yang dibacakan untuk orang yang sakit atau mati.
                                                 v.      Al-Qur’an menjadi hiasan dinding.
                                               vi.      Al-Qur’an dimuliakan dengan menciumnya.
c.       Tidak merasakan keagungan Al-Qur’an karena sudah lama dan biasa.
                                                  i.      Seperti terasa biasanya matahari, padahal sangat agung.
                                                ii.      Al-Fatihah dalam satu nafas, tidak terasa apa-apa.
                                              iii.      Membaca Al-Qur’an dengan gaya mujawwad.
d.      Melupakan tujuan turunnya Al-Qur’an:
                                                  i.      Al-Qur’an akan merubah manusia jika dibaca dengan akal dan hati.
                                                ii.      Menghafal Al-Qur’an menjadi tujuan. Membaca Al-Qur’an hanya untuk dapat pahala, sehingga tidak ditadabburi.
e.      Buku-buku tafsir tidak fokus memberi hidayah.
f.        Qari’ atau hufadh, akhlaknya tidak berbeda dengan orang kebiasaan.
g.      Sikap yang salah terhadap Al-Qur’an:
                                                  i.      Salah memuliakan.
                                                ii.      Takut untuk tadabbur Al-Qur’an secara langsung.
                                              iii.      Membaca hanya untuk mendapat pahala.
                                               iv.      Membaca Al-Qur’an untuk menghafalnya.
                                                 v.      Tidak mau membaca Al-Qur’an karena merasa hati kotor.
                                               vi.      Terlalu detail dalam memahami Al-Qur’an.

Moh Sofwan, Email: mamadoveto@yahoo.co.id - website: nuaimy.net
Pengajian Tafsir Masjid Raudhatul Jannah RCTI Kebon Jeruk, 12 November 2012
Berbagi itu indah: :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2011. Mahad Aly An-Nuaimy - All Rights Reserved
Template by Creating Website