Home » , , » Qurban - Kesabaran dalam Menaati Allah swt.

Qurban - Kesabaran dalam Menaati Allah swt.



oleh: 
Moh Sofwan Abbas, MA 
Dosen Mahad Aly An-Nuaimy





Kesabaran dalam Menaati Allah swt.



رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ (100) فَبَشَّرْنَاهُ بِغُلَامٍ حَلِيمٍ (101) فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَى فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرَى قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ (102(
Analisis Lafadh

-Kami beri kabar gembira. Artinya, doanya terkabul. Kata “البشرى” bermakna awal kulit, artinya kabar yang bisa merubah warna kulit wajah berseri-seri.
فَبَشَّرْنَاهُ:
-Anak laki-laki yang penyabar. Jadi kabar gembira itu memberitahukan bahwa yang dikandung adalah laki-laki. Sedangkan sifat penyabar hanya untuk orang dewasa. Jadi menunjukkan bahwa Ismail as. akan hidup hingga tua, dan besifat penyabar.
بِغُلَامٍ حَلِيمٍ:
-Berusaha, bekerja. Sudah mencapai usia bisa bekerja.
السَّعْيَ:
-Bermimpi. Mimpi seorang nabi adalah benar, bisa juga untuk menurunkan wahyu.
أَرَى فِي الْمَنَامِ:
-Berpikirlah, renungkanlah
فَانْظُرْ:
-panggilan sayang dan penuh kesopanan kepada seorang ayah. Berbeda dengan abi, walidi
يَا أَبَتِ:
-Jika Allah swt. menghendaki.
إِنْ شَاءَ اللَّهُ:

Pelajaran dari Ayat
1.      Kalimat  رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَmenunjukkan harapan Ibrahim as. yang besar kepada Allah swt. seperti juga yang dilakukan oleh Zakaria as. dengan berdoa رب هب لي من لدنك ذرية طيبة”.
2.      Kalimat فَبَشَّرْنَاهُ بِغُلَامٍ حَلِيمٍ menunjukkan betapa pengkabulann doa ini membuat Ibrahim as. sangat bahagia karena beliau sudah menunggunya demikian lama, dan puteri yang diberikan bersifat “halim” atau sangat penyabar.
3.      Kalimat إِنِّي أَرَى فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَmenunjukkan:
ü  Betapa sabar Ibrahim as. dalam melaksanakan perintah Allah swt. walaupun hanya berupa isyarat, bukan perintah yang lugas untuk berkurban. Tapi karena keimanan dan kepasrahannya kepada Allah swt., beliau melaksanakan. Beliau tidak ragu, bertanya, apalagi menolak.
ü  Ibrahim as. tidak melaksanakan perintah ini dengan perasaan terpaksa, kecewa, dan gundah. Beliau melaksanakannya dengan penuh ketenangan dan ketabahan. Itu terlihat dari cara beliau berkata kepada anaknya. Datar-datar saja, tidak emosional. Ini adalah kata-kata orang yang sangat menguasai emosinya, tenang dalam menghadapi sesuatu, dan yakin bahwa dia sedang melaksanakan perintah Allah swt.
ü  Dalam melaksanakan perintah, Ibrahim as. tidak melakukannya saat Ismail as. lengah, atau tidur. Tapi bahkan sempat membincangkannya dengan Ismail as. seperti hal biasa saja. Dalam benak mereka, ini memang hal biasa; ”Allah swt. berkehendak, dan kehendak-Nya harus terlaksana.” Sederhana. Perbincangan ini bukan untuk memberi Ismail as. kesempatan mengelak, tapi supaya penyembelihan itu bagi Ismail as. juga merupakan ketaatan, bukan keterpaksaan. Ibrahim as. ingin anaknya juga merasakan rasa manisnya ketaatan dan kepasrahan.
4.      Kalimat يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَmenunjukkan bahwa Ismail as. menerima perintah itu tidak hanya dengan ketaatan dan kepasrahan, tapi juga dengan kerelaan dan keyakinan:
ü  Kata يَا أَبَتِ”, dalam kondisi seperti ini, Ismail as. masih sadar, dan tetap hormat kepada ayahnya.
ü  Kata افْعَلْ مَا تُؤْمَرُmenunjukkan bahwa mimpi adalah isyarat, dan isyarat adalah perintah. Orang yang taat memahami isyarat sebagai perintah.
ü  Kata سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ sikap yang penuh adab kepada Allah swt. Ismail as. tidak menganggap bahwa ini adalah berkat keberaniannya, tapi berkat hidayah dan taufiq Allah swt.
5.      Cinta kepada Allah swt. harus melebihi cinta kepada isteri, anak, harta, dsb:
ü  Ali Imran: 14 dan At-Taubah: 24.
ü  Hadits Rasulullah saw: ....ثَلَاثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ حَلَاوَةَ الْإِيمَانِ أَنْ يَكُونَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا


Berbagi itu indah: :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2011. Mahad Aly An-Nuaimy - All Rights Reserved
Template by Creating Website