oleh
DR. Mohamad Taufik Q Hulaimi MA. M.Ed
Direktur Mahad Aly An-Nuaimy
Tiga Hari Raya Dalam
Islam
Hari Jumat
حديث أبي
هريرة -رضي الله عنه- قال : سمعت رسول الله -صلى الله عليه وسلم- يقول : (إن يوم
الجمعة يوم عيد ؛ فلا تجعلوا يوم عيدكم يوم صيامكم إلا أن تصوموا قبله أو بعده)
Iedul Fitri
عن ابي
هريرة عن النبى ص - م انه قال ( صومكم يوم تصومون وفطركم يوم تفطرون واضحاكم يوم
تضحون ( اخرجه
ابو داود وبن ماجه والترمذى وصححه
Iedul Adha
حديث
عقبة بن عامر رضي الله عنه أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- قال : (يوم عرفة
ويوم النحر وأيام التشريق عيدنا أهل الإسلام وهي أيام أكل وشرب)
Hikmah Ied
Setiap
bangsa mempunyai hari khusus untuk bergembira, makan, minum , menghiasi diri
dengan memakai pakaian bagus dan keluar rumah dengan segala kemeriahannya.
ورد عن
أنس - رضي الله عنه - أنّه قال : « كان لأهل الجاهليّة يومان في كلّ سنة يلعبون
فيهما ، فلمّا قدم النّبيّ صلى الله عليه وسلم المدينة قال : كان لكم يومان تلعبون
فيهما وقد أبدلكم اللّه بهما خيراً منهما : يوم الفطر ويوم الأضحى »
Hukum Mengumandangkan
Takbir
Hukum Takbir Di Iedul
Adha
Disunnahkan
untuk mengumandangkan takbir dimalam hari Ied, baik dimasjid, di rumah, di
jalan-jalan bahkan di pasar dan tempat lainnya.
Disunnahkan
bertakbir ketika kita berjalan menuju tempat sholat
{ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ
عَلَى مَا هَدَاكُمْ } [البقرة : 185] [82]
Perempuan
juga disunnahkan mengumandangkan takbir dengan merendahkan suaranya
في حديث
أم عطية : ( ..حتى نخرج الحُيّض فيكُنّ خلف الناس ، فيكبرن بتكبيرهم ويدعنّ
بدعائهم ... )
Jenis
Takbir
Takbir
Zawaid :
- Waktu Takbir Dalam Iedul Adha
- Takbir mutlak Dimulai sejak awal bulan Zulhijjah sampai berakhirnya hari tasyriq
- Takbir muqoyyad dimulai sejak sholat subuh di hari arafah dan berakhir ketika sholat asar di hari terakhir hari tasyriq, tanggal 13 zulhijjah.
- Takbir mutlah di hari Iedul Fitri dimulai sejak melihat hilal di awal bulan syawal sampai Imam keluar menuju mimbar.
- Tidak ada takbir muqoyyad di Iedul Fitri
Lafadh Takbiir
Lafadh
yang di-Sunnah-kan
الله
أكبر الله أكبر الله أكبر.
Pendapat
Ibnu al-Qoyyim dibaca dua kali
الله
أكبر الله أكبر لا إله إلا الله، والله أكبر الله أكبر ولله الحمد.
Al
Imam Syafi’I Membolehkan tambahan Lafadh Dalam Takbir:
وقال في
الأم: )أحب أن
تكون زيادته: الله أكبر كبيرا والحمد لله
كثيرا وسبحان الله بكرة وأصيلا ،لا إله إلا الله ولا نعبد إلا إياه مخلصين له
الدين ولو كره الكافرون، لا إله إلا الله وحده صدق وعده ونصر عبده وهزم الأحزاب
وحده، لا إله إلا الله والله أكبر.
Dalam
Riwayat Muslim disebutkan Bahwa Nabi bertakbir dengan lafadh diatas di bukit
Shofa
Takbir
berjamaah
Para
Ulama Berbeda pendapat dalam hukum Takbir berjamaah
Pendapat
pertama: boleh, tidak Bidah!
قال
الإمام الشافعي كما في الأم 8/124 :
( وأحب إظهار التكبير جماعة وفرادى في ليلة الفطر وليلة النحر مقيمين وسفرا في منازلهم ومساجدهم وأسواقهم ويغدون إذا صلوا الصبح ليأخذوا مجالسهم وينتظرون الصلاة ويكبرون بعد الغدو حتى يخرج الإمام إلى الصلاة ) اه
( وأحب إظهار التكبير جماعة وفرادى في ليلة الفطر وليلة النحر مقيمين وسفرا في منازلهم ومساجدهم وأسواقهم ويغدون إذا صلوا الصبح ليأخذوا مجالسهم وينتظرون الصلاة ويكبرون بعد الغدو حتى يخرج الإمام إلى الصلاة ) اه
قال
الإمام مالك بعد روايته لهذا الأثر :( الأمر عندنا أن التكبير في أيام التشريق دبر
الصلوات وأول ذلك تكبير الإمام والناس
معه ....)
Takbir
Berjamaah
دليل من
قال بالمشروعية :
1-في صحيح البخاري 1/330 :
( عن أم عطية قالت : كنا نؤمر أن نخرج يوم العيد حتى نخرج البكر من خدرها حتى نخرج الحيض فيكن خلف الناس فيكبرن بتكبيرهم ويدعون بدعائهم يرجون بركة ذلك اليوم وطهرته ) اه
( عن أم عطية قالت : كنا نؤمر أن نخرج يوم العيد حتى نخرج البكر من خدرها حتى نخرج الحيض فيكن خلف الناس فيكبرن بتكبيرهم ويدعون بدعائهم يرجون بركة ذلك اليوم وطهرته ) اه
ولفظ
مسلم 2/606 :(كنا نؤمر بالخروج في العيدين والمخبأة والبكر قالت الحيض يخرجن فيكن
خلف الناس يكبرن مع الناس ) اه
فقولها
بتكبيرهم وقوله مع الناس دليل أنه كان جماعة
2-وفي موطأ مالك 1/404 ومع
المنتقى 3/42 : ( أن عمر بن الخطاب خرج الغد من يوم النحر حين ارتفع النهار شيئا
فكبر الناس بتكبيره ثم خرج الثانية من يومه ذلك بعد ارتفاع النهار فكبر فكبر الناس
بتكبيره ثم خرج الثالثة حين زاغت الشمس فكبر فكبر الناس بتكبيره حتى يتصل التكبير
ويبلغ البيت فيعلم أن عمر قد خرج يرمي).
فقوله بتكبيره
دليل أنه كان جماعة
Pendapat
Kedua : Bidah!
Tidak
ditemukan cara seperti itu dizaman nabi SAW dan tidak pernah dilakukan.
Sebaiknya
ber-takbir sendiri-sendiri
لقوله
صلى الله عليه وسلم: ( من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد ) رواه مسلم .
Pendapat
asy-syeikh Bin Baz : Bidah!
وعمل الناس إذا خالف الشرع المطهر وجب منعه وإنكاره; لأن العبادات
توقيفية لا يشرع فيها إلا ما دل عليه الكتاب والسنة
Apakah
Syeikh Bin Baz Konsisten dengan teori ini?
Shalat ‘Ied
Keutamaan Sholat Ied
- Fadhilah sholat Ied sangat besar, Rasulullah selalu melakukannya, Bahkan menyuruh seluruh kaum muslimiin untuk menghadiri sholat Ied, tidak terkecuali perempuan.
- Para Sahabat selalu melakukannya.
- Merupakan syiar Islam yang harus diagungkan.
(ما من الأيام العمل
الصالح فيهن أحب إلى الله من هذه الأيام العشر ، فقالوا : يا رسول الله ، ولا
الجهاد ؟ قال : ولا الجهاد ؛ إلا رجل خرج يخاطر بنفسه وماله فلم يرجع بشيء)
Hukum Sholat Ied
- Ulama Berbeda Pendapat Tentang Hukum Sholat Ied.
- Wajib Ain (pendapat al-Ahnaaf)
- Sunnah Muakkadah ( pendapat Imam Malik dan mayoritas Syafiiayah)
- Fardu kifayah ( Pendapat Mazhab Hanbali)
1- أمر الله تعالى بها : { فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ } [الكوثر : 2]
والأمر يقتضي الوجوب ، وأمره-النساء أن يخرجن إليها .
2- مواظبة النبي -صلى الله عليه وسلم- عليها وعدم تخلفه عنها .
3- أنها من أعلام الدين الظاهرة ، وأعلام الدين الظاهرة فرض كالأذان
وغيره
Diusahakan
jangan sampai tidak melakukannya!
Sholat Sunnah Sebelum
dan Sesudah Sholat Ied
أ - عن
ابن عباس رضي الله عنهما : (أن النبي -صلى الله عليه وسلم- خرج يوم الفطر فصلى
ركعتين لم يصلّ قبلها ولا بعدها ) .
ب - وعن
أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال : (كان رسول -صلى الله عليه وسلم- لا يصلي قبل
العيد شيئاً ؛ فإذا رجع إلى منزله صلى ركعتين)
- Tidak ada sholat qobliyah dan ba’diyah
- Boleh Sholat Dhuha di rumah
- Sholat Tahiyyatul Masjid apabila di masjid
- Sebagian ulama menganjurkan sholat tahiyyatul Masjid jika dilapangan.
- Sholat Mutlak boleh apabila sudah lewat waktu haram
Tempat Sholat Ied
Sunnah
Dilakukan Di lapangan
عن عبيد
الله بن عمر عن نافع عن بن عمر أنه كان يوم الأضحى يخرج إلى المصلى ولا يطعم شيئا
- Kecuali di Masjid Al-Haram.
- Kalau Masjid menampung jamaah dengan jumlah besar , Menurut Imam Syafi’I boleh di masjid dan tidak disunnahkan di lapangan.
- Menurut Pendapat lain tetap disunnahkan di lapanga.
Sebab
beda pendapat; Illah dilakukan sholat di masjid al-Haram di Makkah dan Tidak dilapangan
Waktu Sholat ‘Ied
- Dilakukaan ketika waktu haram sholat berakhir.
- Bukan sebelum terbit matahari dan bukan ketika terbit.
- Mensegerakan sholat Iedul Adha
- Mengakhirkan sholat Iedul Fitri
وقال ابن
القيم : (وكان -صلى الله عليه وسلم- يؤخر صلاة عيد الفطرويعجل الأضحى ، وكان ابن
عمر مع شدة اتباعه للسنة لا يخرج حتى تطلع الشمس) زاد المعاد (1/442)
- Seruan Peringatan Dimulainya Sholat Ied
- Sholat Ied tidak dikumandangkan azan dan Iqomah
Hukum
‘Seruan Peringatan’ ; الصلاة جامعة
Boleh
Menurut Imam Syafi’I, karena Rasulullah melakukannya ketika sholat kusuf.
قال
الشافعي في الأم : وأحب أن يأمر الإمام المؤذن أن يقول في الأعياد ,
وما جمع
الناس من الصلاة : " الصلاة جامعة " أو " الصلاة " قال : وإن
قال : " هلم
إلى الصلاة
" لم نكرهه وإن قال : " حي على الصلاة " فلا بأس ، وإن كنت أحب أن
يتوقى ذلك لأنه من كلام الأذان ، وأحب أن يتوقى جميع كلام الأذان " انتهى.
" المجموع " ( 20 / 5)
Pendapat
lain Tidak Boleh;
" عن عطاء , قال :
أخبرني جابر أن لا أذان يوم الفطر حين يخرج الإمام , ولا بعد ما يخرج الإمام , ولا إقامة , ولا نداء ولا شيء , لا نداء يومئذ ولا إقامة
. رواه مسلم
Sholat Ied Dilakukan
Sebelum Khutbah
قال ابن
عباس رضي الله عنهما : (شهدت مع رسول الله -صلى الله عليه وسلم- وأبي بكر وعمر
وعثمان رضي الله عنهم فكلهم كانوا يصلون قبل الخطبة)
Dizaman
Usman Bin Affan, khutbah dilakukan sebelum sholat Ied. Begitu pula di zaman
Ibni Zubair.
عن الحسن
البصري رحمه الله تعالى أن عثمان هو أول من قدم الخطبة على الصلاة وصححه الحافظ في
الفتح (2/524) ، وعثمان -رضي الله عنه- إنما فعل ذلك اجتهاداً منه لما رأى
الناس يتأخرون فتفوتهم الصلاة فحرصاً منه عليهم قدم الخطبة حتى يدركوا الصلاة ،
انظر : فتح الباري (2/425).
Takbir “Tambahan” Dalam
Sholat
- Hukum Takbir “tambahan”: Sunnah,
- Sholat Ied tetap sah tanpa takbir “tambahan”
- Tujuh kali di Rakaat pertama, selain takbiratul Ihram.
- Lima kali di rakaat ke dua, selain takbir berdiri.
Berzikir diantara
takbir
- Seandainya imam lupa bertakbir, dan langsung membaca al Fatihah maka tidak perlu kembali dan bertakbir. Karena meninggalkan wajib untuk melaksanakan sunnah dilarang.
- Kalau terlambat tetap mengikuti imam tanpa harus mengulang takbir
- Terlambat dan masih mendapatkan tasyahhud akhir, maka sholat dua rakaat dengan melakukan takbir “tambahan”
Surat yang dibaca dalam
Sholat Ied
- Membaca surat Qoof (ق ) dan Surat al Qomar
- Atau membaca al ‘ala ) ( الأعلى dan al Ghosyiyah (الغاشية)
- Tidak dilarang mengulang surat tersebut apabila Ied bertepatan dengan hari Jumat
(وإذا اجتمع العيد والجمعة
في يوم واحد يقرأ بهما في الصلاتين)
أخرجه مسلم في العيدين (878)
Tidak
Melakukan Sholat Ied Pada Hari H
Kalau
tidak mengetahui bahwa hari itu adakah hari Ied, dan matahari sudah tergelincir
ke barat maka sholat diadakan di hari berikutnya
لحديث
عمير بن أنس عن عمومة له من الأنصار قال : (غُمّ علينا هلال شوال فأصبحنا صياماً ،
فجاء ركب في آخر النهار فشهدوا أنهم رأوا الهلال بالأمس ، فأمر النبي -صلى الله
عليه وسلم- أن يفطروا يومهم ، وأن يخرجوا غداً لعيدهم)
- Iedul Fitri Tidakboleh dilakukan di hari kedua kecuali ada uzur
- Iedul Adha boleh dilakukan di hari tasyriq baik karena uzur atau tanpa uzur.
Mengqodho
Sholat Ied
Apabila
tertinggal Sholat jamaah Ied, apakah di qodho?
- Pendapat Pertama: Tidak di qodho walupun ada sebab dan uzur
- Pendapat Mazhab Syafi’i: di qodho baik dengan berjamaah atau sendirian, karena sholat-sholat nawafil semuanya ada qodhonya
- Pendapat Hanabilah: tidak di qodho, kalau mau mengqodhonya dilakukan empat rakaat satu salam atau dua salam
Shalat Ied ketika Safar
- Tidak boleh mengadakan sholat Ied bagi para musafir.
- Salah satu rukun sholat Ied dilakukan dalam keadaan muqim, tidak safar
- Ikut Sholat Ied dengan penduduk setempat dibolehkan
- Rasulullah melakukan safar ketika haji dan ketika berperang , tidak ada riwayat bahwa Rasulullah melakukan jumat dan Ied ketika safar
Hukum Shalat Ied bagi
Perempuan
Perempuan Dianjurkan
untuk sholat Ied
« كان رسول اللّه صلى الله
عليه وسلم يخرج العواتق وذوات الخدور والحيّض في العيد ، فأمّا الحيّض فكنّ يعتزلن
المصلّى ويشهدن الخير ودعوة المسلمين »
Harus menjaga hal-hal
yang bisa menimbulkan fitnah ; seperti:
- memakai pakaian yang syar’i,
- tidak berklebihan dalam berdandan,
- tidakmemakai minyak wangi ,
- Dipisah antara laki-laki dan perempuan
Iedul
Adha Bertepatan Dengan Hari Jumat
عن أبي
هريرة رضي الله عنه عن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- أنه قال : (قد اجتمع في
يومكم هذا عيدان ؛ فمن شاء أجزأه من الجمعة ؛ وإنّا مُجمِّعون) أخرجه أبو داود في
الجمعة (1073)
- Boleh Tidak Sholat Jumat
- Sebagian Ulama berpendapat tidak perlu sholat dhuhur
عن عطاء
قال : (صلى بنا ابن الزبير في يوم عيد في يوم جمعة أول النهار ، ثم رحنا إلى
الجمعة فلم يخرج إلينا فصلينا وحدنا ، وكان ابن عباس بالطائف ، فلما قدم ذكرنا ذلك
له ، فقال : أصاب السنة) أخرجه أبو داود في الجمعة (1071)
- Sebaiknya sholat dhuhur
Khutbah Iedul Adha
- Hukum mendengarkan Khutbah
- Disunnahkanmendengarkan khutbah Ied
- Khutbah Ied bukan rukun sholat Ied
(إنا نخطب ؛ فمن أحب أن
يجلس للخطبة فليجلس ، ومن أحب أن يذهب فليذهب) أخرجه أبو داود (1155)
- …kalau mau duduk dan mendengarkan maka duduklah, kalau mau pergi silahkan….
Apakah Satu atau dua
Khutbah?
Terdapat
dua pendapat yang berbeda
- Pertama: Khutbah Ied dilakukan dengan dua khutbah
لحديث
جابر قال : (خرج رسول الله -صلى الله عليه وسلم- يوم فطر أو أضحى فخطب قائماً ، ثم
قعد قعدة ثم قام) أخرجه ابن ماجة في العيدين (1289)
- Kedua : Khutbah Ied hanya satu kali
لما روى
جابر رضي الله عنه : (قام النبي - صلى الله عليه وسلم- يوم الفطر فصلى ، فبدأ
بالصلاة ثم خطب ، فلما فرغ نزل فأتى النساء فذكّرهن وهو يتوكأ على يد بلال .. ) أخرجه
البخاري في العيدين (987) ومسلم في العيدين (885)
Khutbah dilakukan dua
kali, satu untuk laki-laki dan satu kali lagi untuk perempuan ditempat khusus
Apakah Khutbah Dimulai
Dengan Takbir
Dimulai Dengan Takbir
روى عبيد
الله بن عبد الله بن عتبة قال : (السنة التكبير على المنبر يوم العيد ؛ يبتدئ خطبته
الأولى بتسع تكبيرات قبل أن يخطب ، ويبدأ الآخرة بسبع ) اخرجه عبد الرزاق (5672)
Pendapat
lain: Dimulai Dengan hamdalah: الحمد
لله
قال شيخ
الإسلام : لم ينقل أحد عن النبي -صلى الله عليه وسلم- أنه افتتح خطبة بغير الحمد
لا خطبة عيد ، ولا خطبة استسقاء ، ولا غير ذلك( مجموع الفتاوى (22/393)
Memperbanyak Takbir ketika khutbah
Disunnahkan
Khutbah Khusus Bagi perempuan
Hal-Hal Sunnah Dalam Ied
- Mengumandangkan Takbir
- Mandi dan Menghiasi Diri
- Tidak makan Sebelum Shalat Selesai
- Keluar Dari Rumah Sepagi mungkin
- Berjalan Kaki Menuju Tempat Sholat
- Pulang melalui jalan yang berbeda
- Bergembira Di Hari Raya
Ucapan Selamat di Hari
Raya
عن جبير
بن نفير قال : (كان أصحاب رسول الله -صلى الله عليه وسلم- إذا التقوا يوم العيد
يقول بعضهم لبعض : تقبّل الله منا ومنك) قال الحافظ : رويناه في المحامليات بإسناد
حسن انظر : الفتح (2/ 517)
وعن محمد
بن زياد الألهاني قال : (كنت مع أبي أمامة الباهلي رضي الله عنه وغيره من أصحاب
النبي -صلى الله عليه وسلم- فكانوا إذا رجعوا يقول بعضهم لبعض : تقبل الله منا
ومنك) قال الإمام أحمد : إسناده جيد كما نقله ابن التركماني في الجوهر النقي .
(1/253)
Hukum Berziarah ke
Kuburan Di Hari Ied
- Ziarah Kubur secara umum disyariatkan
- Tujuan Ziarah mengingat kematian
- Iedul adha adalah hari bergembira:
- Hendaknya diisi dengan kegiatan yang membuat kita bergembira
- Tidak sepatutnya diisi dengan hal yang membuat kita sedih
- Tidak ada larangan berziarah di hari Ied
- Mengkhususkan hari tertentu untuk berziarah tidak sunnah